Selasa, 23 Mei 2017

Anak Bunda Terkena Campak ?? Berikut Cara Penanganan Awal Di Rumah Yang Benar Sebelum Ke Dokter..

Banyak bawah umur sering terkena campak yang sanggup muncul sepanjang tahun.Bahkan ada waktu-waktu tertentu yang mana penularan penyakit ini berkembang pesat seperti sebuah wabah.Campak disebabkan oleh homogen virus yang gampang menular.Meskipun demikian, campak bukanlah penyakit serius dan berbahaya.Kita sanggup merawat sendiri anak yang terkena campak di rumah.Hal yang penting, selalu waspada dan melaksanakan tindakan pencegahan terhadap ancaman komplikasi, lantaran penurunan daya tahan tubuh akhir penyakit tersebut.

anak sering terkena campak yang sanggup muncul sepanjang tahun Anak Bunda Terkena Campak ?? Berikut Cara Penanganan Awal Di Rumah Yang Benar Sebelum Ke Dokter..


Gejala pada tingkat pertama menyerupai dengan tanda-tanda flu atau penyakit lain yang diakibatkan oleh virus.Mula-mula tampak adanya tanda yang khas, adalah timbulnya bercak putih keabu-abuan sebesar ujung jarum dilingkari warna kemerahan yang muncul pada selaput lendir pipi, akrab gigi geraham.Setelah 4-5 hari, timbul bercak-bercak merah di beberapa kepingan tubuh, menyerupai muka, tengkuk, lengan atas dan kaki.Gejalanya menyerupai flu, adalah batuk pilek yang semakin parah.Selain itu selaput lendir yang ada di rongga verbal menjadi kemerah-merahan, sehingga verbal dan bibir tampak merah.Penderita juga merasa gatal-gatal pada seluruh tubuhnya.

Setelah masa itu selesai, suhu tubuh yang semula naik turun tidak tentu dengan panas tubuh yang sanggup meningkat hingga 40 derajat Celsius, akan berangsur normal kembali.Begitu pula bercak-bercak merah akan menghilang dan meninggalkan bekas berwarna gelap. Perawatan di Rumah :
  • Pada tahap pertama, anak merasa silau kalau melihat cahaya yang terang.Oleh lantaran itu padamkan atau kecilkan lampu kamar tidurnya.
  • Kalau suhu tubuh anak meningkat hingga 40 derajat celsius selama lebih dari setengah jam, usahakanlah untuk mengompres dengan air hangat.Jika matanya terasa panas, kompreslah dengan air dingin.Sebaiknya jangan menyelimuti tubuh anak dengan selimut tebal.
  • Jika pada tahap ketiga ( tahap penyembuhan ) suhu tubuh anak tidak menurun, maka perlu waspada akan adanya komplikasi, lantaran penurunan daya tahan tubuh anak.Komplikasi gampang timbul pada bawah umur yang semenjak semula memiliki daya tahan tubuh rendah.Misalnya bawah umur penderita kekurangan gizi.Keadaan makin memburuk kalau anak menderita komplikasi.Komplikasi yangtimbul biasanya berupa radang paru-paru dan radang otak.Jika keadaan menyerupai itu, perlu minta pinjaman dokter.
  • Ketika keadaan membaik, dan nafsu makannya pulih kembali, usahakan memberi makanan yang bergizi tinggi.Ada kemungkinan anak kekurangan gizi sehabis menderita penyakit campak dan kehilangan nafsu makan.
  • Anak yang sedang sakit campak akan kehilangan nafsu makan dan minum.Usahakanlah anak semoga minum cairan sesering mungkin.
  • Bersihkan tubuhnya dengan air hangat.Anak yang suhu badannya tinggi, sebaiknya tidak dimandikan dulu, cukup dibersihkan dengan lap dan air hangat.
  • Dapat diberikan bedak pada tubuh anak, untuk mengurangi rasa gatal.
  • Usahakanlah semoga anak tinggal di rumah dan tidak bermain-main dengan teman-temannya, mengingat penyakit ini gampang sekali menular.

Untuk mencegah anak terkena penyakit campak dikala terjadi epidemi, sanggup meminta dokter untuk memperlihatkan imunisasi.Suntikan pencegahan ini biasanya diberikan pada anak usia sembilan bulan.Seandainya tetap terkena campak, maka tanda-tanda penyebabnya akan lebih ringan dibanding anak yang tidak menerima imunisasi.

Artikel Terkait

Anak Bunda Terkena Campak ?? Berikut Cara Penanganan Awal Di Rumah Yang Benar Sebelum Ke Dokter..
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email