Kamis, 02 Maret 2017

Pulsa Listrik Boros ?? Begini Trik Jitu Hindari Pemborosan Pulsa Listrik Rumah Tangga....(( Yuk Di Sebarluaskan Supaya Banyak Yang Tau ))

Listrik prabayar atau yang biasa disebut dengan listrik bakir sekarang semakin marak dipakai masyarakat. Kelebihannya terletak pada kondisi dimana penghuni bisa mengendalikan sendiri pemakaian listriknya.

 Listrik prabayar atau yang biasa disebut dengan listrik bakir sekarang semakin marak digunak Pulsa Listrik Boros  ?? Begini Trik Jitu Hindari Pemborosan Pulsa Listrik Rumah Tangga....(( Yuk Di Sebarluaskan Agar Banyak Yang Tau ))


Sistemnya dibentuk menyerupai membeli pulsa prabayar telepon genggam semoga sanggup memudahkan pengguna. Kelebihan lain dari listrik prabayar ini, pemilik rumah tidak perlu khawatir akan biaya keterlambatan yang menghantui.

Kemudian, pengguna tidak perlu cemas terkait harga voucher (listrik pintar). Sebab harga bervariasi sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan pemilik rumah berikut daya listriknya. Mulai dari Rp20 ribu hingga Rp2 juta.

Namun, di balik kelebihan listrik prabayar ada sejumlah kekurangan yang memicu pemborosan. Adalah salah satunya biaya komplemen yang dikenakan kepada konsumen, contohnya biaya manajemen bank sebesar Rp2.500. Biaya ini dibebankan diluar dari harga voucher.

Ada pula biaya Pajak Penerangan Jalan (PPJ) yang besarnya maksimal 10% sesuai Pemda masing-masing pelanggan.

Jika voucher listrik yang dibeli Rp100 ribu, maka biaya PPJ ialah Rp2.344 (contoh untuk daerah Jakarta Selatan). Biaya ini akan terhitung dalam voucher.

Di samping itu terdapat juga komplemen belahan bea materai untuk pembelian pulsa listrik diatas Rp300 ribu. Akibatnya, jumlah kWh yang didapat konsumen akan semakin kecil dibandingkan nominal uang yang dibayar.

Untuk daya listrik di rumah sederhana sebesar 1300VA, setidaknya diharapkan dana rata-rata Rp400 ribu per bulan untuk memenuhi kebutuhan listrik (catatan; memakai AC). Biaya bulanan yang dinilai cukup besar dan bisa terus membengkak apabila tidak dikontrol dengan baik.

Lantas, bagaimana cara semoga biaya pulsa listrik Rp400 ribu tadi bisa ditekan hingga Rp250 ribu?

Pasang lampu LED
Bukan belakang layar umum lagi gotong royong penggunaan lampu LED bisa menimimalisir ongkos pulsa listrik yang cukup besar. Lampu jenis ini memiliki keunggulan lebih ekonomis energi, lebih terang, tidak panas, menghasilkan warna benda yang natural, dan lebih tahan lama.

Hanya dengan daya listrik rendah, lampu LED mengeluarkan cahaya lebih terperinci setara lampu biasa berdaya listrik lebih besar. Untuk kamar mandi atau kamar tidur minimalis, lampu LED berdaya 3 watt saja dirasa sudah optimal.

Banyak bukaan di rumah
Akhir-akhir ini cuaca di Indonesia tengah tak menentu. Di malam hari terasa panas, sementara hujan kerap turun di siang hingga sore hari.

Hal inilah yang mengakibatkan penggunaan AC ketika tidur menjadi lebih sering dari biasanya. Tak pelak, pulsa listrik Rp100 ribu yang semula bisa bertahan lebih dari seminggu, sekarang tak hingga seminggu.

Demi menyiasatinya, berilah banyak bukaan alias ventilasi di ruang dalam rumah. Jika penempatannya tepat, maka pemilik rumah sudah tidak perlu lagi memakai peralatan elektronik guna menyingkirkan hawa panas.

Untuk menghindari nyamuk, pasang kasa nyamuk di setiap jendela dan pintu.

Jangan sering gunakan mesin cuci
Sebaiknya, pakailah mesin basuh ketika harus mencuci pakaian yang benar-benar kotor atau jumlahnya sangat banyak. Sedangkan ketika cucian hanya beberapa potong pakaian saja, alangkah lebih efisien kalau mencuci dengan tangan sendiri.

Bijak gunakan wastafel dapur
Selain itu, bijaklah dalam memakai wastafel di dapur. Cucilah piring di wastafel ketika peralatan makan kotor sudah menumpuk.

Dengan demikian, pengeluaran air yang berkesinambungan dengan penghematan listrik bisa berjalan secara maksimal. (rumah.com)

Sumber : berita-harian97

Artikel Terkait

Pulsa Listrik Boros ?? Begini Trik Jitu Hindari Pemborosan Pulsa Listrik Rumah Tangga....(( Yuk Di Sebarluaskan Supaya Banyak Yang Tau ))
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email